Garap Pariwisata, Pemkab Anambas Cari 49 Orang Disekolahkan ke Bintan! Ini Kerjanya Nanti!

Garap Pariwisata, Pemkab Anambas Cari 49 Orang Disekolahkan ke Bintan! Ini Kerjanya Nanti!

  • Monday, 08 January 2018

TRIBUNBATAM.id, ANAMBAS - ‎Peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), khususnya pada bidang industri pariwisata terus dilakukan di Anambas.

Melalui Dinas penanaman modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), Transmigrasi dan tenaga kerja Kabupaten Kepulauan Anambas, pihaknya tengah mencari 49 orang untuk mendapat pelatihan dan disekolahkan di institute khusus pariwisata di Kabupaten Bintan.

"Totalnya ada 49 orang. Sebanyak 10 orang akan dilatih untuk menjadi pemandu wisata (tour guide), sementara 39 orang sisanya akan disekolahkan dengan minat profesi mulai dari pelayanan makanan dan minuman,

pengolahan makanan, kantor depan hotel, tata graha, hingga untuk keahlian pastry‎," ujar Yunizar Kepala Organisasi Perangkat Daerah tersebut Jumat (5/1/2018).

Ia menambahkan, kegiatan pelatihan dan pendidian ketrampilan bagi pencari kerja ini dilakukan berkenaan dengan program peningkatan kualitas dan produktivitas tenaga kerja yang bersumber dari Dana Bagi Hasil (DBH) Cukai Hasil Tembakau.

Penerimaan berkas pun, diakuinya mulai dilaksanakan mulai tanggal 15 Januari hingga 19 Januari 2018 mendatang dengan berkas diantar langsung oleh pemohon ke kantor OPD yang dipimpinnya.

"Pesyaratan sudah kami sebar dan kami tempelkan ke sejumlah titik, termasuk di kecamatan. Untuk di Kecamatan, kami sudah berkoordinasi dengan camat yang ada di tujuh kecamatan," ungkapnya.

Pihaknya menegaskan selama proses seleksi‎, peserta tidak dipungut biaya dan OPD yang dipimpinnya tidak menanggung biaya yang dikeluarkan oleh peserta selama tes hingga proses berakhir.

"Pemerintah Daerah menanggung biaya transportasi, akomodasi serta konsumsi ‎keberangkatan sampai diserahkan ke Institut di Kabupaten Bintan. Adapun untuk calon peserta khusus PTT

dan tenaga honorer di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas, dapat melampirkan surat izin dari atasan langsung untuk mengikuti seleksi calon.

Untuk yang mengikuti proses seleksi sekolah di Institut tersebut dan dinyatakan lulus, diharap untuk melampirkan surat pengunduran diri yang ditindaklanjuti oleh Pemerintah Daerah," bebernya seraya mengatakan untuk peserta yang dinyatakan lulus seleksi untuk tahap sekolah mendapat uang Saku sebesar satu juta Rupiah selama sebelas bulan. (*)

(sumber : Tribun Batam)

Copyright © 2014. | Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kepulauan Anambas. | All right reserved.